Sabtu, 26 November 2011

Ayo Belajar Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata

Oleh Andre Raharja


Ayo Belajar Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata

Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk membuat dan mengelola tulisan di komputer. Berbagai macam tulisan atau dokumen seperti lsurat, aporan, proposal, artikel, brosur, dan dokumen dan sebagainya dapat di buat untuk menggunakan program pengolah kata. Oleh karena itu, program aplikasi pengolah kata ini merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kahidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain.
Saat ini, ada banyak program aplikasi pengolah kata seperti WordStar (WS), WordPerfect (WP), ChiWriter, AmiPro, KWrite, AbiWord,StarWriter, OpenOffice.org Writer, dan Microsoft Word. Program aplikasi pengolah kata tersebut ada yang merupakan perangkat lunak berbayar, ada pula yang merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan secara bebas (gratis). WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, dan Microsoft Word merupakan perangkat lunak berbayar, sedangkan KWrite, AbiWord, StarWriter, OpenOffice.org Writer merupakan perangkat lunak yang dapat di gunakan dan didistribusikan secara bebas tanpa lisensi. Menurut tampilanya, perangkat lunak mengolah kata dibedakan menjadi dua; aplikasi pengolah kata ada yang berbasis CUI (character user interface) sepertiseperti wordstar (ws), wordperfect(wp), dan chiwriter. Ada pula aplikasi pengolah kata yang berbasis gui (grapical user interface) seperti amipro, KWrite, AbiWord, starwriter, Openoffice.org Writer, dan Microsoft Word.
Salah satu aplikasi dengan fiturlengkap yang akan kita pelajari adalah Microsoft Word. Program aplikasi Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling populer saat ini karena memberikan fasilitas-fasilitas yang jauh lebih canggihdibandingkan dengan program pengolah kata lainnya. Program aplikasi Microsoft Wordadalah salah satu program aplikasi yang dibuat oleh  Microsoft cooperationdari Amerika Serikat.Program ini merupakan salah satu program yang dibuat dalam Microsaoft office ; Microsoft Word, Microsoft Excel,  Microsoft Acces, dan Microsoft Power Point.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0 sampai dengan 6.0 untuk versi DOS. Kemudian seiring dengan perkembangan zamansistem operasi, perusahaan pembuatnya (Microsoft Cooperation) mengeluarkan versi 95, 97, 98, 2000, 2002, 2003, 2007, dan 2010Untuk versi Windows, kemunculan versi terbaru ini bertujuan agar program aplikasi pengolah kata  ini lebih mudah digunakan  dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem jariangan baik internet maupun intranet. Pada umumnya, aplikasi pengolah kata baru hadir dengan membawa fitur-fitur  baru untuk mengatasi kekurangan aplikasi pengolah kata sebelumnya.
Tampilan Microsoft Word yang bersahabat dan memberikan kemudahan bagi pngguna (user friendly) telah menjadikannya sebuah aplikasi pengolah kata yang sangat diminati oleh pengguna komputer di seluruh negara. Microsoft Word dengan tampilan GUI (Grapical user interface) disebut juga dengan WYSIWyG (What you see is What you get) yang berarti apa yang anda lihat adalah yang akan anda dapatkan ketika documen tersebut dicetak.
B. Memulai Program Word 2003
Ada beberapa cara mengaktifkan program Word 2003,yaitu dengan menu Start, All Program, dengan ikon shortcut pada dekstop, dan m elalui jendela Run.
1. Mengaktifkan program melalui menu start programs
Langkah-langkah untuk memukai atau menjalankan programs aplikasi Microsoft Word dengan menu Start, All Programs adalah sebagai berikut :
a. Klik tombol Start yang ada di taskbar
b. Pilih menu All Programs
c. Pilih program group Microsoft Office
d. Kemudian pilih dan klik Microsoft Word 2003
2 . Mengaktifkan Program melalui ikon shortcut pada dekstop
Pengaktifkan program Microsoft Word melalui ikon shortcut pada dekstop dilakukan dengan klik dua kali (double click) shortcut Word pada dekstop, atau klik shortcut Word pada dekstop krmudian tekan Enter, atau klik kanan shortcut Word pada dekstop kemudian klik shortcut menu Open.

3 . Mengaktifkan program melalui jendela run
Langkah-langkah untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Word melalui jendela Run sebagai berikut :
a. Klik Menu Start
b. Klik Run
c. Ketik WINWORD pada kotak isian Open
d. Klik tombol Ok


C. Bagian Lembar Kerja Word 2003
Pada saat Word dijalankan, akan tampak sebuah jendela yang dilengkapi dengan berbagai komponen jenedela Word 2003. Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi tertentu untuk membantu dan memberikan informasi kepada kita pada saat bekerja dengan sebuah dokumen. Agar lebih mudah dalam mengoperasikan program aplikasi ini , kita perlu memahami komponen atau elemen dasar dari jendela kerja Word 2003.Bagian bagian lembar kerja Word 2003 terdiri dari :
1. Icon Kontrol Menu (Control Menu Box): berisi perintah perintah yang di gunakan untukmengontrol jendela yang sedang aktif . tombol ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol Alt+Spacebar . Berikut ini adalah menu perintah yang terdapat dalam icon control manu .
a, Restore , untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula .
b. Move , untuk mamindahkan jendela kea rah lain .
c. Size , untuk mengubah ukuran jendela .
d. Minimize, untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh
e. Close, untuk menutup jendela
2. Baris Judul (Title Bar), berisi keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif. Baris ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang kita inginkan dengan cara di geser (drag)
3. Baris Menu (Menu Bar) berisi barisan perintah berupa menu seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows, dan Help
4. Tombol Ukuran (Sizing Button ) digunakan untuk mengukur ukuran jendela yang sedang aktif.
Tombol-tombol tersebut adalah :
a. Tombol Minimize, untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah icon aktif pada taskbar
b. Tombol Maximize, untuk memeperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh
c. Tombol Restore, untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Tombol Close, untuk menutup jendela
5. Baris Toolbar , berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah-perintah utama yang sering digunakan .
6. Mistar (Ru ler) merupakan garis pedoman untuk menentukan margin atau batas indentasi
7. Jendela Dokumen, tempat kita mengetikan naskah
8. Baris Penggulung (Scroll Bar) untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan, gunakan baris penggulung mendatar (Horizontal Scroll Bar ) dan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah. Gunakan gunakan baris penggulung tegak (Vertical Scroll Bar )
9. Baris Status ( Status Bar ) berisi informasi mengenai naskah atau file yang sedang diedit, yang menunjukkan letak sisip pada halaman dan bagian (Section) yang aktif , jumlah halaman , posisi kursor pada baris, posisi kursor pada kolom. Pada ststus bar juga terdapat REC (record ) perekaman makro, TRK status track, EXT, OVR (Overtype) fungsi menyisipkan atau menimpa teks, bahasa dan spelling serta status grammar
10. Task Pane, berupa jendela yang di tampilkan di sebelah kanan jendela dokumen yang akan membantu kita saat menyunting dokumen , Jendela task pane di tampilkan secara otomatis dan isinya akan menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Perintah untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela Task Pane adalah View, Task Pane ( Ctrl+F1).
     

untuk format .ppt klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar